STMIK SAMARINDA

S1
Tim CSA04 :
12-511-019 - FATHUR TRISNA PUTRA
12-511-032 - NANA KRISTINA
09-511-025 - MUHAMMAD SOPIANSYAH

SEMESTER 4

ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI

Clipper

Posted by Unknown Selasa, 11 Maret 2014 0 komentar
    
      Clipper adalah bahasa pemprograman yang lebih ditunjukan untuk pengelolahan data. Clipper terkenal pada tahun 80-an sampai pertengahan 90-an. Clipper dimasukkan ke dalam kelompok keluarga Xbase yaitu dBase, foxpro, text editor Qedit, clip53 dan lainya.

     Keuntungan ppada clipper yaitu tidak memerlukan perangkat keras yang tinggi, berbasis teks sehingga cepat dalam percetakan ke printer, mudah dalam memasukan data, kecepatanya.
     Kelemahan pada clipper pun juga ada yaitu tidak menerapkan basis data secara penuh (relasi oleh file tidak didukung oleh managemen clipper, tapi harus dilakukan oleh programmer), kemudian dalam pemprogramannya bias dikatakan struktur programan dalam clipper tidak beraturan, tidak seperti pascal.


     Karena clipper termasuk golongan daro foxpro maka ini lah sebagian penjelasan dari alat program foxpro

1. Manipulasi Jendela Visual FoxPro. 
Tampilan atau posisi dari Jendela Visual FoxPro dapat dimanipulasi sesuai kebutuhan, sehingga tampilannya sesuai dengan yang diharapkan. 

2. Memindahkan letak dari Jendela Visual FoxPro. 
Posisi Jendela Visual FoxPro dapat dipindahkan ke segala arah, dengan cara menyeretnya ke lokasi baru dimana Jendela Visual FoxPro akan ditempatkan. 

3. Menghilangkan sisa histori perintah yang pernah diketikan pada Jendela Visual FoxPro 
Jika anda mengetikan perintah pada Jendela Visual FoxPro, maka perintah tersebut akan direkam dan dapat digunakan kembali, tetapi jika perintah tersebut sudah banyak dan akan dihilangkan dari dalan Jendela Visual FoxPro, maka lakukan cara berikut ini: klik kanan mouse pada posisi dimana Jendela Visual FoxPro berada, pilih Clear. 

4. Menyembunyikan serta menampilkan Jendela Visual FoxPro. 
Jika Jendela Visual FoxPro akan di sembunyikan atau ditampilkan, maka untuk melakukan itu terdapat banyak cara diantaranya :
Dari menu windows pilih Visual FoxPro Window
Tekan kombinasi tombol Ctrl dan F2 

5. Menampilkan Jendela Visual FoxPro diatas jendela lainnya. 
Jika anda menginginkan Jendela Visual FoxPro tampil selalu diatas dari jendela lainnya maka pada batang title Jendela Visual FoxPro klik kanan mouse pilih Dockable "Dockable" . 

Jika ada jendela lain seperti jendela project manager yang sedang dibuka, maka cobalah anda geser posisi Jendela Visual FoxPro dan letakan diatas jendela project manager atau jendela lainnya, maka akan tampak terlihat bahwa posisi dari Jendela Visual FoxPro yang telah di Dockable akan tampak selalu berada diatasnya. 

6. Melebarkan / mengecilkan tampilan Jendela Visual FoxPro. 
Jika anda rasa keberadaan Jendela Visual FoxPro terlalu kecil atau terlalu besar maka Jendela Visual FoxPro dapat dirubah sesuai keinginan dengan cara: 

Tempatkan pointer mouse pada sisi Jendela Visual FoxPro hingga tanda pointer berubah menjadi tanda panah dua arah, klik, dan tahan mouse anda, kemudian geser kearah kanan untuk membesarkan dan ke kiri untuk mengecilkan Jendela Visual FoxPro 

7. Membersihkan layar view. 
Jika anda mengolah data maka secara otomatis hasil perintah yang anda ketikan akan tampak hasilnya pada jendela view. Untuk menghilangkan tampilan hasil dari ketikan perintah yang anda ketikan tadi, ketikan perintah Clear. Dengan perintah ini maka layar Visual FoxPro 9.0 akan menjadi bersih kembali. 

8. Mengatur konfigurasi visual foxpro 9.0 
Untuk mengatur konfigurasi Visual FoxPro 9.0 agar berjalan sesuai yang diharapkan, dapat dilakukan melalui menu Tools – Options.
Kotak dialog Options memiliki sejumlah Tab yang didalamnya masing-masing mempunyai pilihan untuk dikonfigurasi sesuai kebutuhan. 

9. Tab view 
Pada Tab View terdapat pilihan untuk mengatur tampilan Visual FoxPro 9.0, seperti menampilkan Status bar, Clock, Visual FoxPro results, System messages dan lainnya. 

10. Status bar 
Jika terpilih maka tampilan dari status bar akan terlihat. Penulisan perintah pada Jendela Visual FoxPro atau Jendela Program adalah sebagai berikut : 

Set Status Bar On | Off 

11. Clock 
Apakah Jam akan ditampilkan pada status bar. Penulisan perintah pada Jendela Visual FoxPro atau Jendela Program adalah sebagai berikut : 

Set Clock On | Of 

12. Visual FoxPro results 
Apakan akan menampilkan proses dari segala sesuatu pemprosesan yang dilakukan program Visual FoxPro 9.0. Penulisan perintah pada Jendela Visual FoxPro atau Jendela Program adalah sebagai berikut :
Set Talk On | Off 

13. System messages 
Apakah sistem akan menampilkan pesan pada status bar segala perintah setelah proses yang dilakukan. Penulisan perintah pada Jendela Visual FoxPro atau Jendela Program adalah sebagai berikut : 

Set Notify [Cursor] On | Off 

14. Open last project on startup 
Jika terpilih maka Visual FoxPro 9.0 akan membuka proyek yang terakhir kali dibuka secara otomatis 

15. Most Recently Used list contains 
Visual FoxPro 9.0 akan menampilkan daftar File yang dibuka terakhir sesuai dengan jumlah isian pada spiner. Pilihan ini akan tampil pada menu File. 

16. List display count Maksimum data yang dapat ditampilkan pada objek dropdown list boxes. Default isiannya adalah 15 dan minimum dropdown list boxes berisi 5.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman